4 Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Aktif ber-Komunitas

Berkumpul sejatinya adalah sebuah fitrah sebagai seorang manusia, berkumpul itu senang, bisa berbagi, merasa hidup itu tidak sendiri dan ada interaksi sosial disana. Bukankah kita adalah makhluk sosial? Semoga kalian tidak menyangkal kenyataan ini. Berkumpulnya manusia pun didasari oleh motivasi yang berbeda-beda, yang paling umum terjadi adalah ketika kita berperan sebagai bagian dari masyarakat, kita akan berkumpul mana kala ada lelayu, ada pengajian, ada kegiatan gotong royong dan seterusnya.

Manfaat komunitas blogger rtik
Salah satu kegiatan komunitas, sharing knowledge (pict from hanafi)

Di jaman yang sudah serba digital ini, berkumpulnya orang mulai tergeser dengan adanya sosial media, dibuatlah group fb, group wa. Mereka berkumpul secara online, sebenarnya yang berkumpul adalah otak mereka, sehingga mampu saling bertukar pikiran, sharing-sharing.

Seperti Saya pribadi sebagai seorang Netpreneur ataupun blogger yang punya background IT juga gemar sekali bergabung dengan group-group di facebook sesuai dengan tujuan yang berbeda-beda. Seperti halnya sedang belajar tentang adsense, ya join di group adsense, sedang belajar web developmen ya bergabung dengan group-group yang related dengan pemrograman web. Bahkan saking sudah kenalnya secara online antar anggota, tak jarang juga mengadakan kopdar, kopi darat, ketemu offline untuk sekedar say hello ataupun membahas sesuatu.

Untuk kata komunitas sendiri bisa temen-temen artikan sendiri ya, join di group facebook atau wa, itu dikatakan komunitas juga bisa. Kalau Saya pribadi komunitas itu adalah sebuah perkumpulan manusia yang memiliki ketertarikan yang sama, memiliki sebuah visi-misi sehingga berguna untuk anggota bahkan masyarakat sekitar, masing-masing anggotanya mengenal sama lain, ada kegiatan komunitas, ada kegiatan ketemu langsung alias bertatap muka dan tentunya terorganisasi.

Jadi kalau menurut saya group-group facebook itu merupakan sebuah media untuk berkumpulnya manusia yang mempunyai ketertarikan yang sama, sedangkan komunitas itu berkumpulnya orang yang punya ketertarikan yang sama dan memiliki struktur keorganisasian serta punya visi misi bersama.

Baca juga  Internet untuk Jual-Beli

Itu hanyalah pendapat saya pribadi tolong jangan diprotes, kalau mau meluruskan monggo, komen dibawah ya.. hihi…

Lalu contoh komunitasnya apa mas? Saya nggak akan jauh jauh memberi contoh, Komunitas yang saya ikuti saja yaitu Komunitas Blogger Magelang dan Relawan TIK Magelang. Kenapa bisa disebut komunitas? Karena keduanya memliliki visi misi, ada kegiatan offline yang berguna untuk anggota dan masyarakat pada umumnya.

4 Alasan mengapa harus gabung komunitas

Berikut ini adalah manfaat seorang blogger yang sudah Saya rasakan dan dapatkan ketika mengikuti komunitas, ada banyak sekali kali jika dijabarkan satu persatu, oleh karena itu saya sederhanakan menjadi beberapa katogori

1. Ilmu

Dengan bergabung menjadi bagian dari komunitas tentunya kita bisa saling berbagi terkait dengan minat yang sama, bertukar pikiran, hal yang menurut kita atau orang lain hal yang sepele ternyata itu sesuatu yang sangat bermanfaat bagi mereka. begitu sebaliknya. Dan berbagi ilmu itu tidak akan habis, justru akan bertambah ilmunya.

Dengan berbagi pula kita akan menambah wawasan, mendapat informasi pengalaman-pengalaman dari masing-masing anggota. Dan sebagai blogger pro akan membuka kesempatan untuk mendapatkan networking dan bahan-bahan untuk menulis, diripun akan teraktualisasi, tidak hanya mendapat informasi dari internet saja.

2. Keluarga

Dengan Komunitas minat dan hobi kita akan mudah berkembang, karena kita dipertemukan oleh-orang yang setujuan. Mengenal banyak orang yang punya latar belakang beda yang memiliki tujuan yang sama, tentunya akan membuat diri lebih semangat dalam berkarya dibandingkan dengan orang yang hanya berjalan sendiri.

3. Rejeki

Melalui komunitas pun akan membuka lebar networking, banyak kenalan yang juga akan membuka peluang-peluang diluar pemikiran kita, sehingga job-job yang terkait dengan keahlian kita akan mudah didapatkan. Dapat tambah keluarga dan karir pun lancar.

Baca juga  3 Hal yang Menarik di Hari Pertama #FesTIK2016

4. Mengembangkan Diri

Dengan berkomunitas akan membuat kita jauh lebih percaya diri, karena kita berjalan tidak sendirian, kita punya backup dibelakang jika ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Dalam komunitas yang terbentuk sebuah organisasi kita juga akan banyak belajar menilai orang lain, karakter orang lain sehingga sampai pada melatih diri untuk berorganisasi, berkomitmen dan kesabaran. Selain itu juga akan mengasah skill kita dalam beroganisasi atau menulis karena terpacu dengan teman-teman lainnya.

Tentunya Kamu akan mendapatkan manfaat lebih daripada 4 poin diatas, tergantung dengan komunitas apa yang diikuti. Misal jadi lebih terkenal, menemukan jodoh, lain sebagainya. Silahkan berbagi dengan teman-teman lain melalui kolom komentar di bawah, jika ada manfaat lain yang belum ada!

Artikel Keren lainnya...

14 thoughts on “4 Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Aktif ber-Komunitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *