Camping di Pantai “Sunset” Ngitun Wonosari Gunung Kidul #Liburan

Pada umumnya kegiatan camping atau kemah saat persami waktu jaman sekolah dulu dilakukan di sekolah, di bukit atau dilapangan luas. Selain itu juga camping juga identik dengan pendaki gunung, dimana mereka mendirikan sebuah tenda di tanah sebagai tempat istriahat setelah melakukan kegiatan. Namun saat ini kegiatan camping ini juga diminati oleh para traveler terutama para backpaker saat melakukan perjalan ke suatu destinasi wisata. Beberapa alasannya adalah berkaitan dengan dana yang dikeluarkan, dengan bermodal tenda dome tentu akan menghemat anggaran akomodasi. Selain itu dengan model camping bisa menjadi pilihan seorang traveler dalam menikmati perjalanan.

10

Begitu pula dengan salah satu perkumpulan Operator Komputer Sekolah dari kabupaten Magelang, Mereka memanfaatkan waktu liburan sekolah ini dengan melakukan perjalan menuju sebuah destinasi wisata berupa pantai yang ada di salah satu ujung selatan Jogja tepatnya di Pantai Ngitun, Wonosari, Gunung Kidul. Ada banyak sekali pilihan pantai sebenarnya yang bisa menjadi destinasi, Pantai Ngitun menjadi pilihan karena tempatnya masih sepi oleh para wisatawan lokal. Selain itu akses menuju lokasi pantai ini membutuhkan perjuangan yang lumayan, karena selain jauh juga melewati jalan berbatu tajam skitar 1km dari jalan aspal.

kegiatan02

Pantai Ngitun ini memiliki TPR sendiri yang terletak di tengah Desa. Berbeda dengan Pantai di wonosari lainnya yang TPRnya digabung dengan beberapa pantai didalamnya. Masuk ke area Pantai ini memerlukan uang Rp 5000 per sepeda motor dan parkir Rp 10.000 untuk menginap 1 malam. Ada biaya lain untuk camping disini yaitu biaya mendirikan tenda dome sebesar Rp 5000. Jadi stidaknya buat kamu yang berminat untuk camping di Pantai Ngitun perlu mempersiapkan uang Rp 20.000.

Meski jalan berbatu tajam, namun buat kamu yang datang rombongan membawa mobil juga bisa melewati jalan ini, dengan catatan mobil standart tanpa body ceper. Fasilitas yang ada di Pantai Ngitun ini sangatlah cukup untuk memenuhi kebutuhan, seperti tolilet, kamar mandi, mushola yang terletak di atas bukit, kamu perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk sampai ke mushola ini. Namun kamu juga bisa memanfaatkan matras sebagai alat untuk sholat a.k.a sajadah kalau tidak mau naek ke bukit, kamu bisa berwudhu di salah satu kamar mandi yang terletak di atas pantai.

Baca juga  6 Tempat Wisata Seru Buat Liburan Asyik di Singapura

Letak Pantai ini cukup menarik, walaupun di pantai selatan, namun kamu bisa melihat sunset yang sangat indah di ujung laut. Karena kebetulan pantai ini agak masuk kedarat dan letak laut berada di barat pantai. Seru kan!?

16Sayangnya masih sama dengan pantai-pantai yang berada di Wonosari lainnya, dimana Kamu yang kekinian, harus berpuasa selama berada dikawasan pantai, karena sinyal dari sebagain provider di Indonesia sangatlah sulit didapatkan disini. Kalaupun memang sangat kebelet buat update status, kamu musti berjuang naik keatas bukit untuk medapatkan beberapa bar sinyal disana. Kabar baiknya buat kamu pengguna Telk*ms*l diarea tertentu dapat menemukan sinyal meskipun hanya edge, kamu maish bisa melakukan aktivitas kekinian. Kalau memang hendak ke pantai Sunset ini sebaiknya membawa bekal kartu t-sel dari rumah ya, jangan berharap disana ada yang menjual perdananya. 😀

Untuk mendirikan tenda Dome sebenernya bisa dilakukan persis di pasir pantai ngitun ini, cuman sayangnya kalau malam, air pasang yang tidak diinginkan bisa saja mengganggu istirahatmu. Oleh karena ini lebih baik mendirikannya di undakan kedua setelah pasir pantai yang beralaskan tanah tanpa pasir. Untuk bergiatan yang lain baru bisa dilakukan di pasir pantainya. Di Pantai Ngitun ini kamu bisa membuat api unggun jika tidak hujan dengan mudah, karena penduduk setemapat sudah menyediakan tong dan kayu bakar dengan membayar kepada mereka.

Untuk makan, kamu bisa membeli nasi yang dijual oleh beberapa warung yang ada disana, pop mie, minum-minuman juga. Buat yang nggak mau ribet bisa beli. Namun buat yang tidak suka boros, ya bisa mebawa bekal makanan sendiri, terutama nasi putih, kemudian memasak sayur atau mie. Barang-barang yang dibawa untuk melakukan camping di pantai ngitun ini tidak beda jauh saat kamu sedang melakukan pendakian gunung, yang mungkin porsinya lebih sedikit. Untuk kegiatan yang bisa kamu lakukan disana tidak jauh beda juga dengan kegitan kamu di pantai pada umumnya, ciblonan, foto-foto, selfie, tidur2an, menikmati makanan di pantai, bakar2 ikan, lari2, maen bola, maen ombak, nyari harta karun dipasir :D, dan lainnya.

 Video Camping di Pantai Ngitun Wonosari Gunung Kidul

Buat kamu yang datang dari tempat yang jauh dan suka menjelajah pantai terutama di wonosari, alangkah baiknya alternatif camping ini menjadikan sesuatu tujuan selain menginap di penginapan yang ada di pantai Indrayanti, karena untuk medatangai banayak pantai butuh waktu bisa lebih satu hari 1 siang. Kamu bisa datang di sore hari kemduian menikmati sunset, setelah itu menginap semalam untuk istriahat melepas capeknya perjalanan, kemudian melanjutkan kebeberapa destinasi pantai muali hari kedua di pagi hari sampai sore, kalau memang belum puas, bisa dilanjut nginap 1 hari disana. Bawa bekal yang banyak ya. 😀 *awn

Artikel Keren lainnya...

One thought on “Camping di Pantai “Sunset” Ngitun Wonosari Gunung Kidul #Liburan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *