Duh Masih Setia Jadi Bloger Nggak Sih?

Kita untuk selamanya… yeah… dendangan lagu bondan prokoso yang menemani Saya menulis kembali di blog pribadi ini. Halo kawan apa kabarnya? Masih setia jadi bloger? bloger untuk menuliskan sejarah di dunia maya tanpa maksud untuk profesional? hehe.. Lama rasanya tak bersua di blog ini. Kepaksa nulis karena ada undangan buat reportase doang, itu pun dah lama, semenjak jarang update blog undangan reportase pun kian surut. Kayak ngreview kulineran, hotel, event, ataupun gadget.

Hampir 2 tahun kebelakang ini Saya ada kesibukan yang tidak disangka2 dan bukan sebuah cita-cita pasti. Saat ini Saya berbagi Ilmu di sebuah Sekolah yang berada di Kabupaten Magelang. Ngajar IT Mas? Iya.. dan ada plus-plusnya. Dengan mengajar Saya ngerasa ilmunya cetek, ada saja yang belum dipahami, apalagi kini ngajar di SMK jurusan Animasi, tentu saja harus uptodate terkait dengan pekembangan Teknologi saat ini. Mungkin nanti kalau Saya di ijinkan oleh Allah untuk berbagi terkait dengan Animasi, InsayaAllah akan saya bagikan kekalian semua lewat blog ini. Dan kalau memungkinkan lewat Youtube yang berupa tutorial. Di animasi ini kebetulan Saya mengajar yang tidak jauh dari basic ilmu Saya di Teknik Informatika yaitu penggunaan Software Editing Video, lebih tepatnya Videografi, ya bikin stop motion, film pendek gitulah. Ada lagi mata pelajaran dimana disitu diajarkan bagaimana proses digitalisasi sebuah karya seni terutama seni rupa. Ohya, Animasi ini basic ilmunya adalah Seni Rupa dan IT adalah teknologi yang membatu untuk mengintepratasikan karya seni itu sendiri. Baik berupa film animasi 2D maupun film animasi 3D. Mata pelajaran ini namanya Digital Processing.

Kesibukan Saya di dunia pendidikan ini bukan soal ngajarnya, tapi soal materinya, semua serba baru, apalagi ini basic nya adalah seni rupa, mau nggak mau harus belajar dan belajar. Tantanganya adalah belajar dari pakarnya, animator-animator kelas dunia, dan tentu saja berbahasa inggris. Kalau Saya lihat materi terkait dengan Animasi itu sangat minim sekali apalagi yang berbahasa Indonesia. Btw ngomongin animasi, kalian sudah paham belum?

Animasi adalah gambar bergerak, itu penjelasan singkatnya. Gambar bisa berupa 2D maupun 3D. Sebenarnya gambarnya tidak bergerak, tapi seolah2 bergerak ketika mata normal kita melihat sederan gambar yang ditampilkan secara berurutan. Semakin banyak gambar yang ditayangkan dalam satu detik, makan semakin halus terlihat gerakannya. Standar film kartun disney menggunakan 25 fps. Artinya ada 25 gambar dalam 1 detik.

Kalau membahas animasi itu seru dan nggak bakalan cukup satu artikel doang. Semoga pembaca blog Saya adalah orang yang membutuhkan ilmu tentang animasi, entah untuk pengetahuan, hobi atau untuk keperluan pekerjaan. Stay tune saja ya. InsyaAllah akan ada artikel-artikel selanjutnya, apresiassinya ditunggu agar Saya lebih semangat lagi berbagi disini. Ohya yang biasa nyari review-review gadget, Saya pindahin ke Rekumen.com yak.. Kalaupun ada blog ini, just untuk formalitas atau kepentingan lain.

2 thoughts on “Duh Masih Setia Jadi Bloger Nggak Sih?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.