Internet untuk Jual-Beli

Akrab dengan dunia maya, rasanya kurang kalau tidak mengenal dengan sosial media, blogging dan sejenisnya, yang melibatkan seorang user menuliskan sesuatu hal-hal yang menarik maupun just say hello. Semakin banyak sekali kalangan dari Indonesia pada umumnya mulai merambah yang namanya bisnis internet. Bisnis internet ini bukan berarti sebagai provider penyedia layanan internet, tapi lebih ke user sebagai pemanfaatan dunia maya.

Saat ini Dunia Informasi sangatlah maju dari segi infrastrukturnya. Mau tidak-mau kita harus terlibat dan turut memenfaatkan teknologi ini. Dimana Indonesia yang akses internetnya masih tergolong mahal, tapi user-nya sudah jutaan disetiap hari dan jamnya. Maka dari itu banyak bagian marketing untuk memasarkan produknya melalui media internet ini.

jual-beli

Secara umum, mereka mengiklan-kan beberapa penawaran produk baik jasa maupun barang melalu forum-forum online (kaskus.us, tokobagus.com). Dimana Forum ini bisa dikatakan sebagai pasar Online, karena disana dipertemu kan antara calon konsumen (pembeli) dan produsen (penjual). Mereka sama-sama memili keperluan sama seperti didunia Nyata, hanya saja media yang digunakan disini adalah teknologi Informasi(komputer dan perangkat jaringan).

Melalui forum tersebut penjual barang menawarkan barang dengan melampirkan informasi barang, gambar barang, cara pembayaran. Tentunya jual-beli secara Online membutuhkan suatu kepercayaan yang tinggi, karena tanpa itu jual-beli tidak akan bisa terjadi. Selanjutnya yang didunia nyata bilang akad jual-beli, di dunia maya yaitu dengan informasi yang diberikan melalui tanya jawab baik via hanphone maupun chating, sehingga terjadi kemantaban antara kedua pihak dan akhirnya terjadi akad jual-beli. Proses pembayaran-nya pun tentunya sesuai dengan kesepakatan antar dua belah pihak.

Tapi secara umum, memiliki rekening bank sudah menjadi sesuatu yang mutlak dimiliki oleh pengguna teknologi informasi untuk hal jual-beli. Dimana salah satu cara yang digunakan adalah melalui transfer bank dari pembeli kepenjual sejumlah uang yang telah disepakati. Pentransferan kerekening bank pun saat ini sudah berkembang baik sekali, sehingga internet banking menjadi sesuatu yang mutlak juga dimiliki bagi pebisnis Online.

Baca juga  Cara Menyikapi Pemahaman Bumi Datar alias Flat Earth Society

Selain pembayaran yang dilakukan direct langsung kerekening penjual, ada beberapa alternatif lain yang bisa digunakan, bagi mereka yang kurang begitu percaya dengan si penjual, mereka dapat memanfaatkan rekening bersama. Ini merupkan sistem yang juga memanfaatkan rekening bank, dimana ada penawaran jasa dari suatu forum untuk menyimpan uang pembayaran dari pembeli, selanjutnya setelah penjual mengirim barangnya ke pembeli, barulah pihak ketiga ini mentransfer uang kepenjual. tentunya ada biaya tambahan untuk pihak ketiga sesuai dengan jumlah uang yang digunakan untuk transaksi. Jadi disini peran bank sangatlah penting.

Selain itu pun kita juga bisa memanfaatkan fsilitas bank yang berupa kartu kredit dimana ada cara-cara khusu untuk membayarkan pembelian barang langsung direct ke penjual. mungkin dapat dibahas dilaen kesempatan.

Disisi Penjual yang sangantlah berperan selain bank adalah jasa pengiriman barang. Karena jelas pasar diinternet itu adala global, bisa dari indonesia itu sendiri ataupun keseluruh dunia. dimana pembeli dan penjual berada dibelahan bumi yang berbeda. Sehingga pran jasa pengiriman sangatlah penting. Ada beberapa jasa dindonesia saat ini (NE, TIKI, dll) yang keberadaanya saat ini masih sangat dibutuhkan, bahkan sangat berkbang sekali karena pengguna internet sebgai jual beli juga berkembang. Layanan jasa pengiriman pun antar negara juga ada seperti FEDEX yang biaya pembayrannya pun menggunakan kartu kredit.

Cara lain dari forum untuk menjual barang atau jasa yitu dengan mendirikan toko sendiri. Didunia maya berarti mereka membuat website khusus yang berisi megenai perusahaan atau personal dan penawaran-penawan megenai jasa atau jual -beli produk-jasa. Melalu website ini juga untuk membangun sebuah kepercayaan kepada publik atau pengguna internet.

Teknologi Inormasi sudah berkembang sangatlah maju, sekarng tinggal maunusianya mau memanfaatkannya atau tidak dari kemudahan-kemudahan yang ada.

Baca juga  Artos, Amplaznya Magelang

Artikel Keren lainnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *