Sharing Sesion Monetize Blog di Perpustakaan Kota Magelang

Sebuah kehormatan bagi Saya diberi kesempatan oleh relawan TIK yang mendapat Undangan Perpustakaan untuk mengisi sebuah acara Sharing Sesion yang terkait dengan Internet kepada masyarakat pada umumnya. Tema yang diangkat dari RTIK adalah tentang bisnis Online yang disampaikan tgl 31 Juli tentang jualan online dan 7 agustus tentang monetisasi blog. Kebetulan Saya mendapat jatah sesi kedua tentang monetisasi Blog.

pelatihan di perpustakaan kota magelang
Suasana sharing sesion di perpustakaan kota magelang

Sebagai seorang Netpreneur alias pengais rejeki online, Saya merasa tertantang dan tertarik untuk menyalurkan ilmu yang sudah sekian lama dapatkan. Mulai akhir tahun 2011 skitar 4 tahun yang lalu Saya terjun didunia online karena pengen menjadi seperti temen-temen saya seangkatan yang mendapatkan rejeki dan menggantungkan hidupnya dari bisnis online. Iya mereka membiayai hidupnya dari kerja online. Waktu itu dia adalah seorang desainer grafis yang menjadi freelance disebuah startup luar dan pada akhirnya di hire oleh perusahaan di US sana sebagai pekerja kontrak. Dia bekerja 1 minggu 5 hari yaitu senin-jumat, dan enaknya walaupun perushaan berada di US dia kerjanya tetep di jogja indonesia, dirumah sendiri dengan gaya hidup dan biaya hidup jogja. Perminggu dia dapat $400 dan kerja saat ada kebutuhan grafis dari eruhsaan. Gimana nggak seru coba, kerja sesuai hobi, dibayar tinggi, hidup di rumah sendiri, bebas waktu, bisa ketemu keluarga setiap hari.

Selain itu juga ada temen saya yang mendapatka penghasilan dari google adsense perbulanya diatas $500, itu sangat tinggi banget dibandingkan dengan menjadi karyawan di perusahaaan indonesia dengan keterbatasan waktu.

blog01

Mulai dari itu Saya tertarik untuk menekuni bisnis online ini setelah menyelesaikan pendidikan sarjana teknik informatika selama 4 tahun di amikom jogja. Semua informasi terkait bisnis online saya makan mentah2 saat itu, yang artinya saya merasa haus akan informasi bisnis online, sehingga memperlajarinya sangatlah antusias. Waktu pertama kali saya tertarik dengan affiliate marketing amazon, waktu itu saya join dengan kursus online pak karto hianoto, saya ikutin semua tutoriralnya, sampai membuat 2 buah website. Namun selang beberapa bulan tidak juga ada hasilnya. Dan setelah 6 bulan tepatnya bulan mei 2012 akhirnya saya dapat komisi 3$ dari produk yang saya oromosikan lewat web saya. Semakin penasaran dengan affiiliate dan bisnis onine akhirnya saya lebih berani untuk mengekpore lebih jauh. Yang pernah saya lakukan model bisnis online dan sudah menghasilkan adalah affiliate amazon, clickbank, jvzoo, PPC, CPM, CPA, Android developer, jasa Online bikin web, jasa virutal credit card, jualan domain, jualan vps, jualan akun gdev, akun fbads, dll. Julan lewat toko online, jadi freelance desainer juga pernah.

Baca juga  Inilah Cara Asyik Berwisata Kepantai Sepanjang bersama Yamaha

Dari sekian banyak pengalaman itu rasanya pengen banget berbagi dengan orang lain yang tertarik dengan bisnis online dan baru ingin memulainya. Maka dari itu saya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengisi diacara perpustakaan magelang kota kemaren dengan tema “Cara Memanfaatkan Blog untuk Menghasilkan Uang”. Yang Saya bagikan adalah potensi penghasilan dan proses membangun blog untuk dapat di monetisasi dengan beberapa model bisnis.

pelatihan internet marketing di perpustakaan magelang
Tim RTIK Magelang dan Peserta yang berhasil diambil Gambarnya :p

Dalam acara itu datang beberapa peserta yang antusias mempelajari apa yang saya sampaikan. Mulai dari jam 10.30 sampai 12.30 hari minggu 7 agustus. Rasanya waktu 2 jam itu masih kurang untuk menyampaikan materi, maka dari itu saya sampaikan dengan poin-poin penting saja. Memang materi kayak gini setidaknya 3 hari full pertemuan baru bisa beres semua sudah sama praktek masing masing peserta. Tapi tidak mengapa, next time seandainya diberikan kesemaptan lagi oleh yang punya dunia ini akan ada acara serupa yang lebih intens.

Materi yang saya sampaikan adalah tentang model monetisasi blog dan blueprint pembuatan blog.

1.Bagaimana cara menentukan tema Blog?

Membicarakan tentang Niche yang hendak dipilih peserta untuk membangun blog.

2. Memilih Model Monetize Blog yang seperti apa?

Setelah niche, dilanjut dengan memilih model monetizenya, karena akan menentukan langkah selanjutnya untuk membuat blog, mulai dari pemilihan keyword dan model artikelnya.

3. Bagaimana mengetahui konten apa saja yang calon pengunjung cari?

Ini adalah tahapan Riset Keyword, menentukan keyoword apa yang akan dipakai sebagai dasar konten dalam blog.

4. Bagaimana membangun website untuk menaruh konten?

Sebuah langkah mulai dari menyiapkan domain dan hosting sampai membangun website menggunakan wordpress.

5. Bagaimana membuat konten yang dicari pengunjung?

Baca juga  Menginjakkan Kaki di Geosite Nglanggeran nan Mempersona

Langkah sederhana yang dilkukan untuk membuat konten menarik sebagai para calon pengunjung.

6. Bagaimana Agar blog mudah ditemukan calon pengunjung lewat SearchEngine?

Cara mengoptimasi blog dari Onpage sampai offpage.

7. Bagaimana menjaga pengunjung blog stabil dengan social media?

strategi menggunakan sosial media untuk engagement pengunjung menjadi recuring visitor.

8. Bagaimana memonetize blog stelah ada banyak pengunjung?

Langkah terkahir cara memasang script dan berhubungan dengan calon pihak ketiga yang membantu untuk menguankan blog.

Publikasi monetisasi blog
Publikasi Acara di Papan Pengumuman Perpustakaan Kota

Begitulah temen-temen kurang lebihnya. Ohya saya ditemani juga oleh temen RTIK Magelang namnya mas Andri, beliau juga menekuni PPC sudah lumayan lama. Jika kamu tertarik untuk memperlajarinya, Saya berikan link donwload materi di sini. Semoga bermanfaat ya. 🙂

Belum tahu RTIK Magelang? Cek saja  websitenya.

 

Krisik, 12 Agustus 2016

Artikel Keren lainnya...

5 thoughts on “Sharing Sesion Monetize Blog di Perpustakaan Kota Magelang”

    1. Bintang Tamu mas, hehehe..
      Smpyan bukan yg pertama kali bilang itu Adul ya..

      Tentang Sharing sesionnya kita blm tahu kapan ada lagi mas, kalau next agenda rtik magelang insyallah diantara tgl 1-5 september di perpus kota juga membahas tentang berinternet baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *