Weekend Seru! Berarung Jeram di Sungai Progo Atas Bersama “Progo Rafting” Magelang

Ngomongin Olahraga Air itu identik dengan renang, iya kan! Rosul saja punya hobi berenang juga. Namun pada kesempatan kali ini aku mau berbagi pengalaman bukan soal renang, tapi salah satu olahraga air yang bisa kamu jadikan sebagai sebuat hiburan ataupun wisata. Cocok buat kamu yang hobi traveling atau yang lagi nyari kegiatan saat weekend bersama keluarga. Olahraga itu namanya Arung Jeram, sebuah kegiatan berkelompok mengarungi sungai, mengikuti arus dari satu titik ketitik ujung bermodalkan helm, pelampung, dayung dan kapal angin yang mampu membawa 6-8 orang dalam sekali perjalanan.

b05

Mungkin bagi kamu yang belum pernah berarung jeram berfikir kegiatan ini mengerikan, berbahaya dan beresiko, apalagi buat yang tidak bisa berenang. Oleh karena itu menjadi suatu alasan kenapa orang tidak mempunyai daya tarik terhadap arung jeram ini. Pada dasarnya memang begitu adanya, setiap kegiatan pastilah ada resikonya, namun kamu setidaknya harus mengerti dulu bahwa olahrga arung jeram ini dilakukan di sungai yang memili keadaan arus air yang berbeda-beda, tentunya semakin deras arusnya, semakin tinggi tingkat resikonya.

09Tolong deh, jangan langsung menjudge seperti itu sebelum kamu benar-benar tahu dan mencobanya. Kami kamaren berkesempatan melakukan olahrga arum jeram di salah satu sungai di Magelang, yaitu sungai Progo Atas, di sini kedaan arusnya sedikit lebih deras dibandingkan dengan sungai Elo yang letaknya juga masih di kabupaten Magelang. Informasi yang aku dapatkan bahwa sungai progo atas ini memiliki grade 3 sedangkan Sungai Elo memiliki grade dibawahnya yaitu grade 2. Sementara itu untuk sungai progo bawah memili grade 4-5. Dengan melihat grade tesebut jelas terlihat sungai progo atas memiliki arus yang cukup menantang Β dari elo dan jauh lebih aman dibanding dengan sungai progo bawah. Rute yang dilalui mulai dari start pemberangkatan letaknya di kawasan paling bawah Hotel Puri Asri Magelang dan berakhir di Sungai Babrik, Desa Babrik, Kecamatan Tempuran Magelang. Panjang sungai sekitar 9 km, dan pada konsidi normal dilalui sebuah kapal arung jeram kurang lebih 2-3 jam. Medan yang dilalui bervariasi, antara air tenang dengan arus yang kuat serta jeram yang terjal pun cukup lumayan membuat kamu berteriak keras saat melewatinya.

Baca juga  Keren, Bisa Bermalam di Jurangjero-Magelang bareng Pendaki Indonesia!

Buat kamu yang nggak bisa berenang, nggak perlu takut lagi, karena kamu akan dibekali sebuah pelampung khusus dengan maksimal berat badan 150kg, kalau diatas itu mungkin pakai pelampung double ya. πŸ˜€ Terlepas bisa renang ataupun tidak, kamu tentunya dalam kedaan sehat yang fit, sehat dan berenergi, karena disepanjang perjalanan mendayung adalah kegiatan utamanya, nah ini nih letak olahraganya. πŸ˜€ Olaharaga yang cukup memacu adrenalin. Selain itu diperjalanan kamu bakalan melihat pemandangan dikiri, kanan, depan, belakang, atas, bawah yang tidak kalah menarik. Kamu akan menemukan beberapa kegiatan masyarakat sekitar di pinggiran sungai. seperti, memancing, berenang. Melihat airterjun dan pantai buatan. πŸ˜€

07

Di setiap Jeram-jeram memiliki nama-nama menarik yang berbeda satu sama lainnya. Dalam perjalanan sampai garis finish, Β kamu juga akan berhenti 1 kali untuk istirahat disalah satu bagian sungai yang airnya tenang, cukup luas dan dalam skitar 150-300cm. Di tempat ini pula kamu bisa mengabadikan moment rafting dengan berfoto. Tidak perlu repot lagi kamu membawa hanphone atau kamera, karena dari tim progo rafting sudah menyediakan photografer khusus untuk memfoto kamu di sudut2 manarik dalam perjalanan. Nggak perlu khawatir lagi kamu kehilangan moment terbaikmu saat berarung jeram disana. Para photografer sudah standby di tempat-tempat yang mungkin kamu tidak tahu. Pendamping kapal akan memberitahukan jikalau akan bertemu dengan medan yang keren dan ada photografer yang standby disana. Nah, cocok neh buat action. Di sungai pemberhentian pertama ini kamu juga bisa berfoto saat melompat kedasar sungai sampai kebawa arus dan berenang menyelamatkan diri. Selain itu juga phtografer akan memfoto kamu dan tim satu kapal beradegan seakan-akan kapal yang ditunggangi terkena arus besar dan terbalik. wih keren banget dah.

b02

Seusai istirahat di tengah perjalanan, dilanjutkan kembali perjalan menuju garis finish. Kebetulan kami berangkatnya pada pagi hari skitar pukul 8.30 dan sampai di garis finish skitar pukul 11.00, cukup lama juga untuk menempuh jarak 9km dengan berarung jeram ini yaitu skitar 2,5 jam. Sesampai di sungai terakhir di desa babrik kita diturunkan dan kembali disambut oleh photografer untuk diambil gambarnya saat meninggalkan sungai. selanjutnya kita berjalan menuju jalan raya yang letaknya tidak jauh dari sungai. Kita sudah dijemput oleh mobil kol umum untuk dibawa kembali ke awal start tadi. Namun sebelumnya kita mendapatkan jamuan berupa gorengan dan minum air kelapa muda yang dinikmati langsung dengan buah kelapanya.

Baca juga  Camping di Pantai "Sunset" Ngitun Wonosari Gunung Kidul #Liburan

Saran untuk yang mau rafting di Sungai Progo Atas

1. Bawa perlengkapan pribadi
– Celana pendek atau panjang dan kaos yang mudah kering, jangan jean.
– Pakai sandal gunung, agar kamu bisa bebas bergerak saat mengarungi jeram.
2. Jangan bawa kamera atau handphone meskipun ditarudh diplastik, bersiko!
lebih baik bawa camera action, gopro atau semacamnya yang udah waterproof.
3. Pastikan sudah sarapan, dan keadaan badan sehat.
4. Yang punya ketergantungan pakai kacamata, kamu bisa pakai kacamata renang minus, atau kalau tidak tim progo rafting sudah menyediakan tali untuk mengikat kedua ujaung kacamata agar bisa tetap menyatu dengan leher jika lepas.
5. Ikutin panduan pendamping kapal dan saran-saran saat breafing sebelum berangkat
6. Pastikan helm dan pelampung terpakai dengan benar.
7. Berdoalah agar alam bersahat dengan kamu! πŸ˜‰

Β Video Berarung Jeram di Sungai Progo Atas

Buat kamu yang tertarik dengan Olahrga ini, bisa mendatangi tim Progo Rafting yang pendamping kapalnya sudah berlisensi, masuk melalui Hotel Puri Asri yang teletak di sebelah selatan Taman Kiyai Langgeng, tepatnya di Jl. Cempaka No. 9, Kemirirejo, Magelang Tengah, Jawa Tengah 56122. Setidaknya membawa teman 4-5 orang untuk dapat memulai rafting ini, karena tiap keberangkatannya cukup 1 kapal penuh. Tiap peserta dikenakan biaya 175rb di hari normal dengan fasilitas perlengkapan arung jeram (helm dan pelampung) dan juga asuransi. Kamu juga bisa mandi bilas di kamar mandi dan toilet yang sudah disediakan disana. Dan buat yang membawa barang bawaan, jangan kawatir karena sudah disediakan loker sebagai tempat penyimpanan selama melakukan arung jeram. /riev

Artikel Keren lainnya...

7 thoughts on “Weekend Seru! Berarung Jeram di Sungai Progo Atas Bersama “Progo Rafting” Magelang”

    1. Hayuukk!! Agendakan πŸ˜€
      Spertinya lebih seru dan lebih menantang, udah grade 4-5, pasti lebih deras airnya dan lebih jos wow jeramnya. Informasi untuk rafting progo bawah gimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *