Workshop Sosial Media dan Pembuatan Blog di Perpustakaan Kota Magelang

Dunia Maya saat ini sudah tidak asing lagi bagi hampir semua orang Indonesia. Melihat perkembangan jumlah kepemilikan akun sosial media semakin tahun semakin banyak, bisa dikatakan belum buka sosial media itu serasa kurang setiap harinya. Penetrasi kepemilikan blog pun turut berkembang dengan pesat, meskipun eksistensinya hampir saja hilang dengan adanya sosial media. Bebagai kebutuhan dari berbagai kalangan pula mampu membuat sosial media dan blog kian eksis sampai sekarang.

Namun dengan informasi yang sangat mudah didapat secara online, masih banyak juga yang belum familiar menggunakan beberapa layanan online seperti twitter dan pemanfaatan blog secara baik. Bukan berarti hal ini membuat para generasi 21 ini menghindari hal tersebut, karena biar bagaimanapun kita harus mengikuti perkembangan jaman. Contohnya saja dikalangan instansi pemerintahan, saat ini penggunaan sosial media khususnya twitter mulai digunakan oleh para pejabat tinggi untuk berbagi informasi secara realtime dari sudut daerah manapun. Begitu pula dengan netizen dan pegawai pemerintahan lainnya juga mau tidak mau mengikuti trend ini.

twitter-perpusPada tanggal 17 dan 21 November 2012 Perpustakaan Kota Magelang yang berperan sebagai penggerak utama menuju masyarakat yang mempunyai kesadaran membaca dan menulis mengadakan sebuah workshop Sosial Media (twitter) dan workshop pembuatan blog. Acara ini dilaksanakan di ruang rapat di Kantor Perpustakaan,Arsip dan Dokumentasi Kota Magelang oleh sebagian pegawai dan juga oleh masyarakat yang berniat untuk mengikuti.

Workshop yang bekerjasama dengan Relawan TIK Magelang ini dibagi menjadi 2 sesi di hari yang berbeda, Selasa 17 November untuk workshop Sosial Media. Sosial Media yang digunakan adalah twitter. Disana dijelaskan dan juga di pandu satu persatu oleh anggota relawan TIK yang kebetulan hadir adalah Arif Wahyu, Andry Budi Prasetyo, Denden Saifudin, Achmad Muttohar dan juga Dede tim dari QWords. Kegiatan yang dilakukan adalah mulai dari manfaat sosial media khususnya twitter dalam berbagi informasi, langkah mendaftar dan juga penjelasan mengenai bagaimana menggunakan serta memaksimalkannya.

Baca juga  Launching DGD Indonesia alias Dagadu Jogja di Lippo Plaza

wsblog01

halaman03

Workshop sesi kedua tentang pembuatan blog dilaksanakan pada hari Sabtu 21 November yang berlangsung dari pukul 10.00 pagi sampai 13.00 siang. Pada sesi ini pesertanya dari masyarakat umum yang berjumlah skitar 10an orang. Anggota Relawan TIK Magelang banyak yang bisa hadir, antara lain: Arif Wahyu, Andry Budi Prasetyo, Denden Saifudin, Agus Mulyadi, Muhlisin, Yudha Karyadi, Rizki Amalia, Dede dari QWords dan juga Irman Iriadi dari combine. Konsep workshopnya sama seperti workshop twitter sebelumnya, dimana ada yang menjelaskan dan anggota yang lain mendampingi satu-satu setiap peserta jika ada kesulitan mengikuti pemateri.

halaman04

Karena penggunaan blog menggunakan blogger sudah terlalu sering ada pelatihan serupa, maka kali ini kami RTIK Magelang membawakan materi pembuatan blog menggunakan wordpress. Bukan lagi WordPress.com yang host di servernya, tapi wordpress.org yang scriptnya diinstall di hosting pribadi. Untuk memfasilitasi peserta, QWords ikut peran dalam hal ini yaitu untuk memberikan free trial hosting selama 1 bulan dan menggunakan sub domainnya.

halaman02Materi dari dari workshop ini dimulai dari instalasi wordpress di hosting masing-masing setelah melakukan pendaftaran, Pengenalan bagian-bagian dari dasboard (backend) dan tampilan depan wordpress (frontend). Praktek penggunaan wordpress itu sendiri untuk keperluan secara umum. Jadi materi yang disampaikan adalah materi basic pembuatan blog/web menggunakan wordpress. *awn


Kalau kamu berminat untuk belajar mandiri mengenai twitter dan pembuatan blog wordpress, silahkan download materi dari Relawan TIK Magelang di > sini  dan sini <   Dan bila kamu penggiat Teknologi Informasi dan ingin berbagi dengan Masyarakat umum, silahkan gabung dengan Relawan TIK Magelang di > sini <

Artikel Keren lainnya...

2 thoughts on “Workshop Sosial Media dan Pembuatan Blog di Perpustakaan Kota Magelang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *