Ada Apa di Desa Wisata Pentingsari Sleman Yogyakarta?

Kemaren saya dan teman2 Blogger Jogja mendapatkan undangan ke Desa Wisata Pentingsari oleh dinas Pariwisata yogyakarta, yaitu pada hari Sabtu tanggal 17 Desember 2016. Ini adalah kali pertama Saya bermain ke sebuah Desa Wisata, jadi masih belum begitu tahu dengan istialh tersebut. Pada dasarnya Desa Wisata adalah sebuah pemberdayaan Desa, memunculkan potensi Desa dan memperkenalkan kepada kyalayak luas. Dan diharapkan akan memberikan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi dan tentunya akan meniakkan tingkat ekonomi masyarakatnya.

Untuk sampai di Desa Wisata Penting Sari yang beralamatkan di Pentingsari,Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta ini, Saya melakukan perjalan dari Magelang, sesampai di gapura perbatasan Jogja, pertigaan pertama belok kekiri, tepatnya ke arah turi atau sering disebut sebagai jalan alternatif ke Kota Solo. Berjalan kearah Timur sampai menemukan Jalan Jogja-Kaliurang belok kearah utara. Jelasnya kamu bisa melihat map yang saya share dibawah.

Didalam perjalanan menuju Desa Wisata Pentingsari ini, Saya menemukan beberapa kali papan arah yang menunjukkan ke Desa Wisata yang ada di Sleman. Rupanya Desa Wisata di Sleman Yogyakarta memang benar-benar menjamur dan digalakkan oleh pemerintahan setempat. Jadi pengen tahukan ada apa di Desa Wisata Pentingsari ini? Yuk ikuti pembahan berikut ini.

1. Pendopo Herbal

Disinilah tempat bermacam-macam tanaman untuk pengobatan di budidaya. Tanaman yang terkadang banyak tumbuh disekitaran kita ternyata mampu menyembuhkan bermacam-macam penyakit kalau tahu ilmunya. Pak Rahman berbagi kepada para pengunjungnya tentang pengalaman beliau yang pernah mengidap penyakit osteoporosis dan bisa disembuhkan dengan obat herbal dari lingkungannya dalam hitungan hari saja. Tanaman yang dimanfaatkan beliau adalah daun Rondo Semoyo, yaitu dengan cara mengeringkan dan melarutkannya menjadi air minum layaknya teh. Penurunan pneyakit yang jelas dirasakan adalah kadar penyakit gula dan asam urat. Sampai saat ini sudah lebih dari 6000 orang pengunjung pendopo herbal membawa daun rondo semoyo dan memanfaatkan khasiatnya.

Baca juga  3 Hal yang Menarik di Hari Pertama #FesTIK2016

Selain daun rondo semoyo, Pak Rahman juga mengenalkan tanaman herbal seperti Ninahong untuk menyembuhkan luka luar, Daun Handelem untuk penderita magh dan kelor.

Kenapa memilih Herbal? Pak Rahman menjelaskan bahwa tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri, herbal yang membantu memaksimalkan potensi tubuh tersebut. Agar selalu sehat selalu gunakan obat obatan herbal untuk mengobati penyakit jika sedang menderita. Jangan suka makan makanan mengandung kolesterol tinggi, seperti jeroan hewan. Tips lainnya adalah

  • Jangan makan diatas jam 7 malam atau pada prinsipnya atur pola makan.
  • Perbanyak makan buah atau hijau hijauan.
  • Hindari minuman mengandung bahan kimia, sperti aspartamin yang mengakibatkan kanker otak.
  • Belajar membudidayakan tananaman herbal dengan stek pucuk (memanfaatkan pucuk tanaman)
  • Belajar membaca kesehatan dengan meilhat kadar air yang diminum melalui telapak tangan.

2. Kerajinan Janur

Masih dalam pendopo herbal, kita dipertunjukkan sekalian praktek membuat karya dekorasi pernikahan dari janur berupa belalang. Dalam tradisi jawa ada yang dinamakan kermbar mayang yang digunakan untuk acara penganten dan gagar mayang yang digunakan tanda saat ada orang yang masih lajang meninggal dunia. Dalam penganten karya seni ini memiliki banyak artinya, karena bisa dilihat menjadi beberapa bentuk, seperti belalang, pecut, keris, payung, gunung dan burung. Untuk profesional per biji belalang ini dihargai sebesar 15ribu rupiah. Gimana tertarik belajar membuat?

3. Homestay

Mau kejogja dan nyari penginapan? Sewa homestay ajah. Palagi jalan dengan keluarga, cocok deh. Fasilitas mantab, harga bersahabat, seperti yang ditawarkan oleh Desa Wisata Pentngsari ini. Kamu bisa sewa sehari semalam hanya 100ribu + makan perorangnya, murahkan? Untuk fasilitasnya:

  • Kamar tidur + kasur
  • Kamar Mandi dalam dan luar
  • Dapur
  • Ruang tamu
  • Tempat parkir
  • Makan sekali
  • jalan-jalan ke wisata desa pentingsari
  • 1 homestay bisa digunakan lebih dari 8 orang,
  • Menikmati dinginnya malam di dekat gunung merapi 

4. Jembatan Sungai Lahar Dingin

Desa Pentingsari yang lokasinya tidak jauh dari gunung merapi, rupanya salah satu Desa yang memiliki sungai yang dilewati air dari lahar dingin Gunung Merapi. Kamu bisa melihat suasana yang unik dari atas jembatan ini saat air lahar dingin melewati sungai ini.

Baca juga  Keren, Bisa Bermalam di Jurangjero-Magelang bareng Pendaki Indonesia!

5. Camping Ground

Di Desa Wisata Pentingsari juga disediakan space lapangan yang cukup luas untuk camping ground, sudah biasa digunakan untuk acara kemah pramuka anak-anak sekolah. Silahkan jika kamu yang suka camping atau mau mengadakan outbond, dapat memanfaatkan camping ground di sini.

6. Selfie Spot

Masih dalam kawasan Camping ground Pentingsari, disediakan juga selfie spot, ya taulah jaman sekarang gitu, nggak foto-foto itu ada yang kurang kalau mengunjungi suatu tempat. Hal ini bisa kamu lakukan di selfie spot pentingsari yang terbuat daribambu yang didirikan diagonal membentuk lingkaran, sehingga terlihat menarik jika kamu berada didalam diantara bambu-bambu tersebut.

7. Seni Karawitan

Budaya Jawa masih kental di Desa ini, salahsatu buktinya adalah seni karawitan jawa, yaitu gamelan jawa masih dibudidayakan disini. Cukup lengkap gamelan yang ada disini. Pengunjung diperbolehkan untuk belajar menabuh gamelan disini, seperti yang dilukan para blogger memainkan gamelan mengikuti tangga nada yang tertuliskan dipapan tulis.

8. Budidaya Kopi

Seperti Desa desa di daerah pegunungan yang suhu udaranya dingin, cocok untuk budidaya kopi, Desa Wisata pentingsari juga demikian. Selain menghasilkan kualitas kopi yang bagus, desa ini juga memperhatikan proses dari pemetikan, kemasan sampai penyajian yang profesional. Salahsatu kelibihan kopi nya adalah manis, apalagi setelah dilakukan proses penggorengan yang diakhiri dengan penumbukan untuk menghasilkan bubuk kopi yang halus. Kopi ini dikemasi langsung tanpa ada tambahan bahan pengawet atau bahan kimia sejenisnya. Berminat menikmati kopi hasil olahan kelompok tani di Desa Wisata Pentingsari ini? Silahkan kunjungi atau dapat pesan melalui online.

Daftar Kegiatan dan Biaya-biaya

Peta Desa Wisata Pentingsari

 .

Artikel Keren lainnya...

3 thoughts on “Ada Apa di Desa Wisata Pentingsari Sleman Yogyakarta?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *