Memang Bener! Agrowisata Hotel di Salatiga itu Tempat Eksotis untuk Acara Spesial!

Salatiga merupakan salah satu Kota yang berada di Jawa Tengah dan letaknya masih ada di dalam wilayah kabupaten Semarang. Meski Kota identik dengan kepadatan penduduknya, Salatiga ini memiliki keunikan sendiri dibanding dengan kota-kota lainnya dilihat dari letaknya. Salatiga berada diantara beberapa Gunung antara lain Gunung Muria, G. Ungaran, G. Telomoyo, G. Sindoro, G. Merbabu dan G. Merapi menjadi daya tarik sendiri, ditambah lagi dengan adanya danau Rawa Pening yang berada sebelah utara Salatiga. Kota ini terletak di sebelah timur Kabupaten Magelang yang sama-sama berada di lereng gunung merbabu, disebelah Utara Solo dan Selatan Semarang. Alhamdulillah kamaren berkesempatan untuk bisa bermain ke Kota Salatiga bersama teman-teman Blogger Magelang Mas Kokoh, Mas Lisin dan Mas Andri setelah mendapatkan undangan dari Pak Sigit dari pihak Agrowisata dan tentunya Saya manfaatkan sebaik mungkin untuk dapat lebih mengenal dan menikmati eksotisnya suasana disana.

Agrowisata Hotel Salatiga
Lobby Agrowisata tampak dari atas

Sebelum datang tidak jauh beda dengan para traveler lain lakukan yaitu mencari informasi lebih dalam mengenai calon obyek tujuan, seperti transportasi dan akomodasi yang pastinya harus menyesuaikan isi dompet. Terkait dengan biaya transportasi Saya tidak begitu banyak pertimbangan, karena lintasan yang dilewati tidak begitu jauh, yakni untuk sampai di Salatiga dari Rumah Saya di Tegalrejo Magelang kurang lebih memerlukan waktu 45 menit dengan mengendari sepeda motor. Setidaknya pertalite 2 liter saja sudah cukup. Buat Kamu yang dari ibu kota atau luar Kota Salatiga membutuhkan transportasi bisa melaukan booking online melalui traveloka. Klik Disini

Mengenai Agrowisata Hotel yang hendak kami kunjungi, Saya mendapatkan informasi yang cukup lengkap melalui Traveloka yang merupakan salah satu layanan online booking hotel di Indonesia. Di Traveloka Agrowisata Hotel Salatiga ini mendapatkan rating yang memuaskan hasil review dari orang yang pernah mengunjunginya. Perlu kamu ketahui Agrowisata ini bukan kawasan saja tapi nama Sebuah Hotel yaitu “Agrowisata Salatiga Eco Park Hotel, Convention & Camping Ground”.

agrowisata salatiga
jalan yang harus dilalui menuju lobby agrowisata
tempat camping di salatiga
space lapangan untuk camping

Agrowisata ini memiliki luas area 90 hektar, dimanfaatkan untuk lahan perkebunan dan 5 hektar untuk resor. Eco Park hotel disini artinya bahwa managemen operasional mereka memanfaatkan sumber daya yang ramah lingkungan yaitu hasil dari pengolahan limbah, sehingga menjamin keberlanjutan ekosistem lngkungan hidup disekitarnya. Seperti air pemanfaatan air limbah digunakan untuk menyiram tanaman, sabun mandi cair dari susu sapi asli, pemanfaatan limbah didaur ulang untuk diolah menjadi pupuk dan biogas.

Layanan Agrowisata Hotel Salatiga

Hotel strategis yang terletak di sebelah barat perempatan salatiga-semarang-solo-magelang ini memberikan layanan kepada pengunjungnya sesuai dengan kebutuhannya antara lain:

1. Penginapan

Untuk dapat menikmati keindahan sunrise ataupun sunset melalui tempat yang berada di 8 gunung di Salatiga sangat pas sekali kamu berada di lantai 2 penginapan yang letak ketinggiannya mampu melihat semua gunung. Agrowisata Hotel Salatiga menawarkan layanan penginapan standart hotel bintang 3 dengan fasilitas, breakfast, air panas, tv lcd 32 inch, alat pembuat kopi dan teh, kolam renang outdoor, jogging track dan akses internet cepat melalui wifi. kamar mandi yang bersih dan ada balcon untuk bisa melihat keindahan pemandangan kota salatiga di kelilingi oleh gunung gunung.

Baca juga  Arif Wahyu di #BN2013 Jogja Istimewa
kamar di agrowisata hotel
kamar family 2 kasur untuk 4 orang

Ada beberapa paket yang bisa kamu sesuaikan dengan jumlah rekan ataupun tujuannya, speeri family room untuk 4 pax dan business room untuk 2 px.

02agrowisata

2. Camping Ground

Sama halnya dengan penginapan, kamu bisa bermalam di salatiga yang dingin itu dengan kesan yang berbeda, yaitu dengan menyewa tenda camp dengan fasilitas breakfast, 1 tenda huni, matras tidur, air bersih, toilet pria & wanita, kolam renang outdoor, jogging track dan wifi internet cepat. Energi listrik juga disediakan jika kamu membutuhkannya.

Camping Ground agrowisata salatiga
tenda untuk penginapan

3. Wedding

Nah ini nih buat kamu yang lagi nyari tempat yang eksotis untuk melakukan resepsi wedding, moment sakral yang dilakukan sekali dalam hidup. Agrowisata Hotel melayani wedding reception yang di tawarkan secara paket, mulai dari tempat, makanan-minuman, entertainment, spesial room, decoration, dll. Terima beres saja deh, tinggal nyebarin undangan saja. 🙂

tempat wedding di salatiga
suasana wedding reception dari atas hotel

4. Meeting/Outbond

Saat Saya mengunjungi agrowisata hotel salatiga ini, kebetulan sedang ada outbond yang sedang dilaksanan oleh salah satu perusahaan. Jadi instansi yang mebutuhkan tempat asyik untuk outbond sangat bisa sekali dilakukan di kawasan ini. Ada banyak sekali lapangan dan ruangan yang bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan, seperti seminar dan outbond. Untuk instruktur outbond bisa mencari jasa diluar agrowisata atau bisa diusahakan oleh pihak resor.

malam hari di agrowisata salatiga
menaikkan lampion saat kegiatan outbond
tempat meeting di salatiga
kegiatan meeting komunitas dilapangan

5. Field Trip

Layanan ini di khususkan untuk anak-anak agar mereka suka dengan Tanaman dan Lingkungan. Perjalanan dipandu untuk berjalan dan belajar bercocok tanam, belajar  membuat bahan makanan dan beternak. Biasanya dilakukan oleh anak-anak TK yang mencari cara beda saat melakukan piknik setiap kahir tahun pelajarannya.

6. Graduation

Menawarkan paket menginap untuk keluarga dan sahabat yang hendak berkunjung ke Salatiga dan ikut merayakan kebahagian sebagai wisudawan/wisudawati ini cocok untuk kamu yang kuliah di Salatiga.

Masakan Khas Salatiga di Agrowisata Hotel

Berkunjung keluar kota hanya untuk berwisata rasanya kurang kalau tidak mencoba masakan khas daerah tujuannya. Seperti halnya di Kota Salatiga ini memiliki beberapa masakan khas yang harus kamu coba ketika disana. Gecok Cabut Gunung adalah masakan khas Salatiga dan menjadi salah satu menu spesial yang ditawarkan oleh restourant di agrowisata hotel. Gecok yang biasa dihidangkan dari bahan daging domba di restoran ini yang digunakan adalah iga sapi. Kamu wajib menocobanya! Rasanya Maknyus, bikin nagih, kuahnya sangat menggoda untuk di hajar tanpa sisa.

masakan khas salatiga Gecok Cabut Gunung
Gecok Cabut Gunung di restoran agrowisata

Kolam Renang Outdoor

Menikmati keindahan dan suasana dinginnya di salatiga dengan berenang di kolam renang oudor yang disediakan oleh agrowisata hotel ini rasanya mubazir kalau tidak dimanfaatkan. Air bersih yang keluar dari pancuran wanita membawa kendi di ujung kolam menambah susana menjadi lebih hidup. Kolam ini tidak begitu dalam, yaitu sekitar 1,5 m, sedangkan untuk anak anak sudah disediakan kolam renang sendiri.

Baca juga  4 Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Aktif ber-Komunitas
kolam renang agrowisata hotel salatiga
kolam renang outdoor

Momen eksotis yang hanya bisa dinikmati di agrowisata hotel salatiga ini menarik untuk diambil gambar dan dijadikan koleksi foto yang dipajang di ruangan tamu. Kenapa tidak, kamu bisa melihat keindahan yang begitu sempurna ketiga berendam di kolam renang sambil melihat ujung kolam kearah kota salatiga yang menawan.

Obyek Wisata di Salatiga

Obyek wisata yang ada di Salatiga kebanyakan adalah kolam renang kalau kita membaca artikel online, namun ada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti:

1. Danau Rawa Pening dan Bukit Cinta

Danau Rawa Pening dan Bukit Cinta yang merupakan kawasan wisata sekaligus tempat dimana kamu bisa menyewa jasa perahu untuk mengarungi danau rawa pening dan menikmati indahnya suasana alam yang bikin sejuk nyaman. Letak Kawasan Wisata Rawa Pening dan Bukit Cinta ini berada di sebelah Selatan Danau dan ditemui di jalan alternatif antara salatiga-ambarawa tepatnya di kelurahan banyu biru.

rawa pening salatiga
situasi jasa perahu mengelilingi rawa pening
pemandangan rawa pening
keindahan gunung dari tengah-tengah rawa pening

Yang bisa dilakukan selain menyewa kapal berkelinling menikmati indahnya rawa pening, kamu juga bisa duduk di bukit cinta dan berfoto ria disana.

2. Pacuan Kuda

Obyek Wisata pacuan kuda ini sangat jarang sekali ditemukan di Indonesia, maka dari itu jika kamu berniat ke Salatiga tidak ada salahnya mengunjungi obyek ini. Kamu bisa naik kuda mengelilingi medan balap pacuan kuda sendiri ataupun bersama juru kudanya. Selain berkuda itu seru dan menyeangkan ternyata berkuda juga menjadi salah satu alternatif penyembuhan bagi anak terbelakang mental. Berkuda juga menjadi salah satu dari 3 hobi rosululloh selain berenang dan memanah.

3. Museum Kereta Api

Letak Museum ini sebenarnya bukan di Salatiga, tapi kawasan ini dekat dengan rawa pening, nggak ada salahnya kamu mampir ketempat ini sebelum pulang kembali kerumah. Dalam Museum ini sudah tertata dengan rapi kepala dan gerbong kereta api dari tahun ketahun saat pertama kali ada di indonesia. Kamu bisa belajar lebih jauh sejarah kereta api diindonesia yang di sajikan dalam bentuk visual dengan mencertikan sejarah dari tahun ketahun melalui dinding yang berada di ujung museum. Kamu juga bisa naik kereta uap dan berjalan megelilingi sputar rell di museum dengan membayar 60rb.

museum kereta api ambarawa
kantor kereta api di museum kai ambarawa

Diatas tadi adalah informasi tambahan bagi kamu yang hendak berlibur ke Salatiga menikmati indahnya pemandangan 8 gunung dari 1 tempat yaitu dari Agrowisata Hotel Salatiga. Untuk yang dari luar kota dengan bus, dari terminal Salatiga naik taksi untuk bisa sampai di agrowisata hotel ini. Dan Kamu dapat melakukan pemesanan hotel ini melalui traveloka. Klik Disini.

Video Overview Agrowisata Hotel

 

AGROWISATA SALATIGA
Eco Park Hotel, Convention & Camping Ground
Jl. Hasanudin (Jl. Raya Salatiga – Kopeng) KM 4
Salatiga – Jawa Tengah
Phone: +62 298 325 498 Fax: +62 298 327 609
Email: info@agrowisatasalatiga.com

Artikel Keren lainnya...

2 thoughts on “Memang Bener! Agrowisata Hotel di Salatiga itu Tempat Eksotis untuk Acara Spesial!”

    1. woh joss loh. nagih beneran, supnya aja nyus apalagi iganya.
      iya main kepacuan kuda. muter-muter lintasan naik kuda seru. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *