8 Langkah yang Terbukti Mampu Melepaskan Jeratan Hutang Riba

Bisnis dan Hidupmu Mengandung Akad Riba? Saya juga pernah mengalaminya…

Hal sekecil apapun itu menurut kita, kalau itu haram ya haram, harus ditinggalkan. Itu adalah prinsip Saya sebagai seorang muslim. Meskipun selalu bertindak sesuai dengan syariat, kita tidak bisa hidup tanpa riba, dalam al-qur’an pun ada surat yang mejelaskan bahwa akan datang sebuah zaman yang kita semua tidak akan terkena riba, meskipun hanya terkena debunya. Itu artinya biar gimanapun kita akan terkena riba, tinggal bagaimana kita hanya termasuk golongan yang terkena debunya saja, ya meminimalisir terkena riba. Karena riba itu hukumnya haram, alias tidak boleh.

cara lepaskan jerat riba saptuari
Seminar Kembali Ketitik NOL Saptuari di RSI Kota Magelang 4 Sep 16

Alhamdulillah Saya pribadi sudah tersadarkan tentang Riba ini sejak tahun 2012. Ceritanya Saya dulu mengikuti sebuah Bisnis Online, yang orang bilang HYIP.  Kita member akan mendapatkan keuntungan jika investasi ke HYIP itu setiap harinya sebesar sekian persen dari uang yang diinvestasikan. Jadi semakin banyak yang kita investasikan semakin banyak juga yang kita dapatkan setiap hari. Semula saya iseng ikutan beberapa dollar, hingga suatu saat uangitu meningkat dan terkumpul lumayan banyak dan saya ambil (withdraw). Waktu itu tidak ada masalah dan senang sekali rasanya mendapatkan uang hanya dengan investasi uang. Kalau mikir mudahnya kayak menanam uang, kita dapat uang dan itu pasti, flat sebesar sekian persin setiap harinya.

Karena ujicoba pertama sukses, saya memutuskan untuk menyeriusi bisnis ini, yang pada akhirnya berusaha mencari modal untuk investasi yang lebih banyak lagi. Waktu itu saya berkerja menjadi pendamping EKTP kecamatan. Dengan hitung2an sistematis, saya memutuskan untuk pinjam uang ke bank sebesar 7juta, dengan uang gaji yang saya andalkan untuk melunasi kedepannya selama 3 bulan kedepan. Pinjaman uang awal ini sangat mulus porsesnya. Langsungbuat beli dollar Liberty Reserve dan invest ke HYIP tersebut. Satu bulan pertama uang investasi saya udah menjadi berlipat2, dan sudah mengambilnya beberapa kali.

Namanya juga manusia, rasa syahwat alias rakus pun saya keluar. Pengan menambah uang investasi saya yaitu dengan cara mengajak teman-teman saya bergabung ke HYIP ini, karena dengan mengajak orang lain, saya akan mendapatkan komisi dari perusahaan HYIP tersebut, tentunya akan menambah uang investasi saya.

Namun saat saya mengajak orang untuk bergabung, disinilah tempat saya mulai belajar tentang bunga bank, tentang riba dan bisnis. Dimana tidaksedikit orang yang nyinyir dengan bisnis yang saya jalani ini. Bilangya itu bunga karena komisinya flat tiap hari, dan bunga itu riba, riba itu haram. Saya masih belum percaya dan mencari pembenaran-pembenaran di group HYIP dari para mastah terdahulu disana. Dan pada akhirnya saya memutuskan untuk menanyakan ini kepada teman yang saya anggap lebih tahu tenang agama di barengi dengan membaca artikel terkait dengan HYIP dan riba secara Online.

Temen2 yang gabung melalui saya ada yang sudah menghasilkan, ada juga yang belum juga menghasilkan. Saya sendiri sudah menghasilkan dan sudah BEP, break event poin alias balik modal, bahkan sudah untung beberapa juta rupiah. Namun sayangnya itu nggak berjalan lama, karena HYIP yg saya ikuti mengalami macet dana segar. dan kahirnya matot secara halus.

Baca juga  Cara Menyikapi Pemahaman Bumi Datar alias Flat Earth Society

Sementara itu uang hasil dari HYIP dah habis nggak tahu kemana larinya dan saya masih punya tanggungan di bank skitar 5 juta. Waktu tagihan bulan kedua perusahaan temapt saya kerja belum meberikan gaji, dan ini membuat saya bingung setengah mati. Karena saya sudah berprinsip ikut bisnis ini tidak mau melibatkan orang tua atau teman dekat. Takut resiko kalau kenapa-kenapa. Dan pada  moment inilah pertama kali saya merasakan betapa panasnya ada tagihan dari bank sejumlah 2,5 juta, semetara nggak megang uang sebanyak itu dan yang saya punya adalah laptop. Saya berfikir untuk menggadaikannya, tapa sama pegadaian tidakmau menerimanya karena baerainya sudah ngedrop. Matilah.. Ya mau bagaimana lagi akhirnya saya terpaksa menunggu gajian dan harus membayar denda keterlambatan.

Dalam batin Saya, hutang segitu saja dah mumete rakaruan. Piye sing utang milyaran ya. Apalagi sering didatangi oaleh depcollector tiap harinya.

Setelah membaca dan tanya dengan teman, ahirnya saya memutuskan HYIP ini mengandung riba dan judi. Pinjam uang dibank juga riba karena bunga-nya. Dan Saya ngomong pada diri sendiri, ini adalah pertama dan terakhir kalinya pinjam uang di bank dan bermain bisnis online model HYIP.

Itu adalah sedikit cerita saya bahwa riba itu menyakitkan. Dan saat itu saya memutuskan menjadi internet marketing yang jelas alur kerjanya dan tidak mengandung riba.

Komitmen tidak meminjam uang atau kredit ke bank alhamdulillah sampai saat ini masih saya jaga, dan semoga sampai besuk akhir hayat, dan semoga bisa saya tularkan kepada orang disekelilingku, orang tua, adik kakak, dan anak turun agar tidak terjerat dengan riba.

Seminar Kembali Ketitik Nol Saptuari Jogja

Hal seperti ini juga dirasakan sama banyak orang dan sekarang sudah sadar dan meninggalkannya. Seperti Mas Saptuari dari Jogja, Alhamdulillah kemaren bisa bertemeu dengan beliau dalam seminarnya kembali ketitik nol di Rumah Sakit Islam Magelang.

Dalam kesempatan ini Saya bisa mendapatkan cerita-cerita inspiratif dari beliau dan juga orang-orang yang sempat bercerita disana, tentanghidup mereka yang terkena jerat riba dan bagaimana bisa berhijrah meninggalkan riba.

Terkena riba kebanyakan dari pinjam bank dan rentenir untuk berbisnis ataupun untuk kebutuhan mendesak lainnya seperti berobat ke rumah sakit. Ohya kena riba bank lewat sistem kredit kendaraan mobil ataupun motor juga mereka alami.

Sayangnya saya dateng ke masjid RSI terlambat jadi tidak bisa menyimak materi mas saptuari ini dari awal. Hanya bagian akhirnya yaitu tentang  cara lepas dari efek riba.

Di dalam bank itu ada produk yang mengandung riba ada juga yang tidak, yang saya ingat yang mengandung riba adalah pinjaman modal usaha, kartu kredit, akad kredit kendaraan, kpr. Sedangkan yang tidak mengandung riba adalah menabung tanpa bunga, fasilitas atm, inet banking, dll.

Baca juga  Sudahkah Kamu Mendapatkan Subsidi Liburan dari TIKET.com?

Disana juga diceritakan banyak orang-orang yang terjerat hutang akibat riba, bisnisnya gulung tikar karena riba, keluarganya bernatakan karena riba dan banyak lagi.

Kita semua diajak untuk berhijarah meninggalkan riba, seperti yang sudah beliau lakukan. Menjual aset yang ada akad ribanya yang menurut beliau membuat tidak tenang, dan kahirnya tenang bisa kembali ketitik nol, yaitu meninggalkan akad riba dan mendapatkan ridho allah.

Bahkan dalam sebuah hadist disbutkan bahwa bagi kita yang menggunakan riba, maka Allah dan Rosul yang akna memeranginya langsung. Gilak! bayangkan kita dilawan Allah dan Rosul karena riba. Bagaimana kita bisa menang melawan Pencipta kita sendiri.

Kemudian diajarkan salah satu cara murah untuk dapat membayar hutang riba adalah membantu kesulitan orang. Karena Rosulullah pernah berpesan juga siapa yang ingin hidupnya mudah, maka permudahlan kesulitan orang lain dengan membantunya.

Akhir tahun kemaren sudah dibuka yg namanya MEA, kadan bisa membuat para pebisnis yang belum siap bersaing menjadi takut, tapi yakinlah jika kita dijalan Allah, insyaAllah akan ada jalan, lha kita mengikuti aturannya masak kita akan kalah dengan mereakayangpunya aturan sendiri di dunia ini.

“Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijarh yang luas dan rezeki yang banyak” [QS. AnNisa:100]

8 Langkah Lepas dari Jeratan Riba yang mengerikan

Beikut ini adalah langkah atau pola yang kebanyakan orang dapatkan untuk melepaskan diri dari jerat riba:

  1. Taubat
  2. Berazzam/Bercita-cita
  3. Perbaiki Ibadah secara total
  4. Perbanyak doa dan dzikir
  5. naikkan pendapatan
  6. Tunda Kesenangan
  7. Blacklist diri sendiri menggunakan akad riba bank
  8. perbanyak sedekah.

Doa yang digunakan untuk mempermudah urusan huang piutang yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

ALLAHUMA INNI AUDZUBIKA MINAL MA’TSAM WAL MAGHROM

Artinya: Ya Allah au berlindung dari dosa dan jeratan hutang

Dan pastinya hanya Allahlah lah yang bisa membantu kita, meskipun itu lewat tangan manusia lainnya. Seperti yang berliau contohkan adalah orang yang selalu berdoa ingin menjadi pengusaha apapun itu, dia meminta kepada Allah dengan sungguh-sungguh, akhirnya dikabulkan lewat jalan temannya yang mempunyai bisnis di kota tempat dia tinggal tapi mau ditinggal tugas diluar kota, dan dia dipasrahin menjaga dan mengeolal dengan sistem bagihasil 50:50, masyaAllah..

Ada cerita lagi, ini pada seseroang yang memiliki hutang milyaran, sampai akhirnya dia mentok nggak bisa melunasi karena bangkrut, dan dia hanya memintakepada Allah dengan 8 langkah diatas, dengan meminta padaNya, pertemukanlah dia dengan orang yang bisa membatunya, akhirnya benar, dia sipertemukan denganorangkaya dari papua yang berminat investasi dibisnis yang dia jalankan. Dan memenuhi syarat untuk membayarkan hutang dia dulu sebelum berinvestasi. MasyaAllah..

Doa yang mendukung juga, HASBUNALLAH WANI’MAL WAKIL, NI’MAL MAULA WANI’MAN NASIR,  yang artinya “Cukup bagiku Allah sebaik-baiknya penolong dan pelindungku”.

Demikian, Semoga kita menjadi golongan Orang yang hanya terkena Debunya Riba didunia ini. Selalu istikomah menghindari jerat riba dan mampu berdakwah kepada orang-orang disekliling kita. amin.

14 thoughts on “8 Langkah yang Terbukti Mampu Melepaskan Jeratan Hutang Riba”

  1. Bapak saja selalu mengajarkan untuk menabung dulu sebelum membeli sesuatu untuk menghindari kredit. Mungkin ini salah satu point dari tunda kesenangan. Trus, nilai uang kan terus merosot… gimana dong…. katanya sih emas/ dinar solusinya. Anti inflasi, nilanya selalu sama dari jaman dulu hingga sekarang. Harga kambing jaman Nabi berapa dinar? kalikan dengan rupiah dan hasilnya akan sama harganya dengan masa kini

    1. Kalau Saya pribadi memilah-milah tabungan berdasarkan targetnya, artinya kalau target tabungan jangka panjang, saya lebih memilih menabung emas. Ini saya lakukan dengan membeli emas di pegadaian per1 gram. Kalau target jangka pendek saya rasa nilai inflasi enggak begitu ngaruh sih, ya kena cuman dikit, solusinya tingkatkan pendapatan, bisa dengan cara menaikkan modal jika kita usaha, yaitu dari uang yang seharusnya ditabung.

  2. Kemaren aku datang jam sebelas, sesuai yang di pengumuman. Lha jebul acaranya selepas dhuhur. Tapi kok gak sempet liat sampeyan. Padahal wes tengak- tengok siapa tau ada kenalan yang datang 😃

    Di jaman yang serba kapitalis ini, memang susah lepas dari riba. Tapi setidaknya meminimalisir dari hal-hal yang berbau riba.

    1. Biasa Mas, kalau acara kayak gitu nanggung jam-e mesti habis dhuhur.

      Yang bisa dilakukan meminimalisir, kalau bersih dari riba kayake mustahil, kecuali mau hidup di tengah hutan, tanpa berhubungan dengan orang lain.

  3. Assalamualaikum maaf saya saat ini jg terjerat hutang riba saya capek lelah kepwngin lepas dari hutang ini tolong saya lelah saya gak mau semuanya hancur

  4. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    saya ingin bertanya .. kan kredit motor itu termasuk riba yaa.. na yg ingin sya tanyakan .. bagaimana cara saya untk lepas dari transaksi riba tersebut..
    terima kasih.
    wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

  5. salam silaturahmi ,,
    perkenalkan nama saya heru efendi
    niat menulis kisah ini semoga yang membaca kisah pengalaman hidup ini dapat menambah semangat dan motivasi dalam menjalani
    hidup apa lagi yang sedang mengalami kesusahan.
    di dalam menjalani hidup ini penuh dengan resiko untuk mengambil keputusan agar kedepan nya bisa mendapatkan manfaat
    yang baik dari keputusan tersbut, karena dalam menjalani hidup ini pasti kita semua mempunyai mimpi dan cita2 untuk meraih kesuksesan
    ,hidup dengan ekonomi baik berhasil dalam membina keluarga serta bahagia dan hidup tentram .
    tapi terkadang untuk melalui itu semua manusia lupa dan terkadang khilaf ,memalui dengan proses instan tanpa memikirkan dampak nya di
    kemudian hari ..
    seperti yang saya alami 3 tahun yang lalu , singkat cerita saya dulu pekerja yang giat dan tekun dalam melakukan apapun saya
    memilik prinsip yaitu harus berhasil karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin selagi kita mau berusaha dan kerja keras.
    akhir nya semua itu membuah kan hasil dengan kerja keras dan ketekunan saya akhir nya saya sukses , memiliki usaha sendiri dan semakin tahun
    usaha semakin berkembang , bahkan dengan hasil usaha tersebut saya bisa memiliki rumah ,kendaran liburan sampai ke luar negeri
    setiap tahun nya .
    tapi dengan hasil yang saya dapat saya merasa belum puas dan cukup terasa di dalam hati dan fikiran masih banyak yang bisa saya capai
    itu la sifat manusia tamak, rakus tidak pernah merasa cukup ,tidak pernah bersyukur dengan apa yang di miliki sekrang.
    akhir nya saya meminjam uang di bank dan bahkan saya beranikan diri untuk meminjam ke sesama teman pengusaha dalam artian kerjasama
    1 tahun saya lalui dengan uang hutang dan pinjaman dari teman untuk mengembangkan usaha ehhh bukan nya malah berhasil malah menambah sulit untuk usaha saya saat itu
    dari pelanggan sepi sampai nilai jual perbulan nya menurun drastis, lama lama bulan berganti bulan saya merugi besar bahkan untuk menutupi cicilan bank
    pada saat itu saya harus menggunakan uang pribadi dan tabungan , begitu seturus hingga akhir nya tidak ada lagi tabungan yg tersisa bahkan pada akhir tahun 2016 usaha saya berhenti total
    karena tidak ada lagi modal bahkan saya harus mengganti uang teman saya yg telah saya gunakan. total kerugian yang harus saya di pertanggung jawab kan pada saat itu mencapai 7 m lebih .
    akhir nya untuk menutupi itu semua saya harus menjual aset bahkan itu belum menutupi , saya coba untuk meminta bantuan ke teman yg lain dan saudara bukan nya membantu malahan membantu
    bahkan mencibir saya dan menjauh karena mereka semua tau pada saat itu usaha saya bangkrut dan banyak hutang …ehmm itu lah kehidupan di saat senang semua orang mendekat
    dan di kala susah semua orang menjauh (NASIB).
    akhir nya semua yang saya lakukan untuk melunasi hutang2 tersbut menemui kebuntuhan bahkan saya sempat mengemis kepada ortu tapi apalah hasil nya nihil .
    hari berganti hari bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun semua nya saya lalui dengan kesedihan bahkan saya harus mengontrak rumah ,pergi naik angkot karena semua nya telah
    terjual untuk menutupi hutang trsbut, bahkan istri harus membantu saya dengan menjual kue untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.
    karena pada saat itu tidak ada yang tersisa ekonomi pun berada di posisi paling bawah, pada saat itu saya masih menyisak hutang bahkan ada teman saya yang sempat mengancam untuk pidana kkan saya
    apabila hutang trsbut tidak di lunasi.

    YA ALLAH….di dalam doa saya apakah ini teguran yang engkau berikan atas semua yang hamba lakukan ,lupa akan maha pencipta dan sang maha kuasa
    lupa akan yang di dunia ini tidak kekal dan hanya titipan , lupa akan kematian bahwa hanya sehelai kain khafan saja yg kita bwa di alam kubur .
    pada saat itu saya tidak berhenti menetes kan air mata ,apalagi saat tidur melihat wajah istri dan anak yang biasa nya bekecukupan sekarang harus hidup pas2an..
    bahkan tidur pun hanya dengan sehelai tikar saja….menangis hati ini tapi apa la daya semua sudah terjadi yang saya lakukan
    pada saat itu hanya iklas dan pasra meminta ampun dan belai kasihan kepada sang pencipta agar di berikan pertolongan dan jalan untuk memulai lagi dari nol .

    di balik penderitaan yang saya lalui jujur saja sempat terlintas di benak untuk bunuh diri, tpi itu tidak saya lakukan karena masih mengingat anak dan istri karena
    kalau saya tidak ada mau jadi apa nasib mereka . di balik perjalanan hidup yang jalani pada saat itu cuma 1 yg terlintas di fikiran yaitu memulai lagi dari awal dengan usaha kerja keras
    meskipun menjadi kuli bangunan dll, karena semua teman saya tidak ada yg percaya lagi sama saya .
    hari2 saya lalui dengan sulit akhir nya saya bekerja serabutan apapun saya lakukan yang penting anak dan istri makan ,pergi pagi pulang sampai larut malam bahkan di saat pulang tidak ada lagi tenaga
    yang tersisa .tapi saya tetap bersyukur karena masih di berikan nafas , berselang 1 tahun semua kerja keras dan usaha saya laukan .

    SUBAHANALLAH….Sebuah keajaiban dan pertolongan dari allah datang tanpa di sangka-sangka datang saya di pertemukan dengan seorang sahabat kecil tanpa di sengaja ketemu di saat saya lagi istirahat bekerja
    di situ awal atau titik balik dari semua usaha ,kerja keras dan doa saya , saya menceritakan kisah hidup saya ke teman saya bahkan dia sempat meneteskan air mata mendengarkan itu semua , ALHAMDULILLAH…
    Akhir nya dia memberikan saya peluang dan memberikan saya modal untuk memulai lagi usaha .
    YA ALLAH…apakah ini jawaban atas semua doa2ku ,bahkan pada saat itu saya tidak bisa berkata apa2 hanya tetesan air mata yang saya keluarkan bahkan teman saya tersbut memeluk saya .
    akhir nya singkat cerita dengan modal usaha dari teman saya trsbut saya sudah memulai lagi usaha dari nol mengenyampingkan semua perasaan dan fikiran yang di pengaruhi oleh SETAN .
    Sekarang dengan pengalaman hidup tersbut saya lebih sadar akan bersyukur besar atau kecil nya rezeky yang di berikan ,karena sesungguh nya tidak ada yang membekan kita di mata allah kecuali amal dan perbuatan .

    UNTUK PARA SAHABAT SEMUA YANG TELAH MEMBACA KISAH HIDUP INI JADIKAN SEBUAH PELAJARAN DAN MOTIVASI AGAR DALAM MENJALANI HIDUP INI LAKUKAN DENGAN HATI DAN FIKIRAN POSITIF
    JANGAN PERNAH MENGIKUTI HAWA NAFSU KARENA ITU ADA AWAL DAN SEBUAH KEHANCURAN DAN PENDERITAAN .
    “Tak masalah kalau kamu menghadapi kegagalan. Meski saat itu dunia seakan terasa hancur bagimu, yakinlah kalau suatu saat, kamu bisa tersenyum mengingatnya.
    Kalaupun kamu sudah meraih kesuksesan, itu pun bukan akhir dari segalanya. ”

    Salam Heru Efendi
    email : heruefendi027@gmail.com
    untuk saudara2 semua yang mau sharing2 dan berbagi pengalaman silahkan email saja,terima kasih

  6. Assalamualaikum. Wr.wb, salam sejahterah buat saudaraku, mudah-mudahan kisah hidup saya ini bisa mengispirasi Anda.
    Nama saya M.Sofyan, dahulu saya pernah mencanpai sampai titik kesuksesan. Ya, property milyaran rupiah bahkan mobil2 mewah pun sempat saya miliki. Pada titik itu, timbul ego dan kesombongan pada diri.. Lalai akan sholat , lalai akan zakat. Ya Allah ampuni diri ini yang lupa akan kuasamu. Ada 3 cabang usaha yang saya geluti, property (kontraktor), spbu dan pertambangan batu bara.
    Saya lahir dalam keluarga yang sangat sederhana bahkan bisa dikatakan miskin, ibu saya hanya berjualan sayur di pasar, ayah sy hanya buruh serabutan. Pahitnya hidup masa lalu itu membuat sy sangat ambisi ingin sukses dan bisa menunjukkan kepada orang2 kalau saya bisa kaya. Dengan kesungguhan hati, alhamdulillah saya bisa menyelesaikan sarjana di salah satu perguruan tinggi di jakarta, setelah tamat perlahan saya merintis bidang usaha property kebutulan mertua saya sudah punya cv dan memang pekerjaan nya adalah mandor bangunan. Perlahan tapi pasti akhirnya usaha property saya berkembang pesat, dan dari situ sy mulai membangun usaha lain.
    Istidraj adalah kenikmatan yang diberikan allah swt tanpa melalui keimanan dan syariat yang di kerjakan. Ketika seseorang diberi nikmat berupa rizki yang melimpah, kesenangan hidup, kesehatan yang terus menerus, panjang umur dan sebagainya. Namun dengan nikmat tersebut dia semakin jauh dengan allah swt, maka bisa jadi itulah istidraj yang akan semakin mendekatkan mereka dengan azab-nya.. Allah kasih kenikmatan duniawi tanpa rasa syukur , membuat saya lalai akan ibadah, dan hal itu terjadi pada diri saya. Suatu ketika usaha saya mengalami KEHANCURAN, Hancur benar hancur, tidak ada yang tersisa, bahkan semua asset saya jual tidak mencukupi untuk membayar hutang di bank, perorangan, renternir dll. Ya allah, ampunilah segalah dosa2 hamba mu yang hina ya rabb. 17 milyar total hutang saya..
    Ya allah, posisi lg dibawah, tidak ada satu teman, sahabat pun yang mau menolong. Bahkan saudara2 menghindar. Dahulu waktu sy sukses semua memuji semua mendekati, berbagai macam cara sudah saya tempuh mencari orang pintar, bahkan dalam keadaan kalut sampai saya mengikuti pesugihan, ya allah sudah jatuh tertimpa tangga, penuh dengan dosa. Saya coba membangun usaha kembali dengan modal kepercayaan family istri, begitu susah nya ujian ini ya rabb. Apapun yang saya mulai pasti ujung nya mendapatkan musibah dalam usaha, gagal total.
    Dalam titik ini saya sadar, tiada pertolongan selain kepada mu ya Rabb. Ampuni hamba mu ini ya Rabb. Kembali ketitik nol! Saya mulai dengan sholat, tidak pernah saya tinggal, hajad, tahajud, dhuha saya laksanakan. Tidak ada tempat di dunia ini lagi selain sajadah tempat berkeluh kesah…tidak pernah saya tinggal kan sholat berjamaah di masjid lagi, walapun untuk makan sehari2 saja sy dan istri harus pinjam sana sini dan berharap belas kasih orang lain…
    Suatu ketika, sewaktu saya selesai sholat subuh, ada seorang yang bersurban, beliau bertanya kepada saya, nak kenapa wajah mu selalu suram dan merenung seusai sholat. Saya ceritakan semuanya, berliau banyak memberikan nasihat, wejangan. Lalu saya coba memberani kan diri untuk bertanya, “yai apa amalan agar saya bisa kembali seperti dahulu ?” Lalu beliau berkata, (dalam bahasa jawa)” sembahyang shubuh jamaah! Gak usah takok wis nak, setengah tahun ae rasakno. Lek koe kakehan melarate ketimbang enake saiki”. “yai ilokno aku. Di ilokno yai siap aku “koe kudu ngelaksanakno shalat shubuh jamaah. Wes gak usah takok maneh, muleh!”(“shalat shubuh jamaah! Gak usah tanya lagi nak, setengah tahun saja rasakan, kalau hidupmu banyakan melaratnya dari pada enaknya sekarang “. Yai marahin saya, saya siap, “kamu harus melaksanakan sholat subuh berjamaah. Sudah gak usah banyak tanya lagi, sana pulang!”) Beliau memberikan saya tasbih dan memberikan ijazah ilmu kepada saya serta amalan amalan wirid dan zikir.
    Kelihatanya sederhana memang, tetapi kita juga harus paham bagaimana cara beribadah yang baik, cara memohon yang baik agar kita mencapai kekhusyukan dalam beribadah dan berdoa. Bagaimana cara bersedekah yang baik, bagaimana cara zakat yang benar semua diajarkan.
    Alhamdulillah saya lakukan dengan istiqomah. Pesan2 dan amanah beliau saya kerjakan, nasihat beliau sy laksanakan. Dan alhamdulillah ya rabb, dengan begitu mudahnya Allah SWT naikkan kembali derajat saya, derajat keimanan dan derajat duniawi. Mari saudara2 ku istiqomah dalam ibadah, tiap2 cobaan pasti ada jawaban dari nya, tinggal kita yang memilih jalannya. Semoga allah selalu memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua amin. Berbuat baik lah. Salam sejahtera buat sudara2 ku. Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh, semoga bisa menginspirasi, say no to riba !.
    Yang mau sharing (msofyan979797@gmail.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.